//
you're reading...
Computer, Tutorials

Tips Cara Merawat Harddisk (HDD)


Bagi temen-temen yang belum pernah mengalami kerusakan pada Harddisk, saya sarankan untuk segera mencari cara untuk merawat harddisk anda, karena jika harddisk anda rusak secara fisik, mau tidak mau harus di ganti dengan harddisk baru,seperti yang saya alami, harddisk saya sebesar 500 GB rusak gara-gara kurang perawatan. Yang saya sayangkan bukan Harddisknya, melainkan isi harddisk tersebut, yang berisi koleksi film-film saya yang jumlahnya tidak sedikit. Akhirya saya coba mencari cara bagaimana cara merawat harddisk dengan baik. Jika temen-temen berkenan,coba saja tips dibawah ini untuk merawat Harddisk temen-temen, jangan sampai nyesel kayak saya.

Tips merawat kesehatan Harddisk:

Perawatan dari segi Fisik:

  • Selalu bersihkan komputer Anda. Untuk membersihkan bagian luar bisa digunakan cairan pembersih khusus atau dengan kain lap saja. Namun untuk bagian dalam harus digunakan kuas yang berukuran kecil agar dapat masuk ke bagian yang sempit. Kenapa bagian dalam komputer harus dibersihkan? Karena terlalu banyak debu yang menempel dapat menyebabkan gangguan. Misal debu di kipas prosesor dan di heatsink akan menyebabkan proses pembuangan panas dari prosesor terhambat sehingga membuat komputer bersuhu lebih tinggi yang dapat mengakibatkan sistem mudah hang atau restart. Debu yang menumpuk di slot I/O atau RAM juga dapat menyebabkan short listrik.
  • Anda harus menggunakan Stabilizer. Gunanya untuk menyetabilkan tegangan listrik yang masuk pada komputer anda, karena listrik pada PLN itu sebenarnya tidak stabil, sehingga dapat merusak PC kita. Bahkan jika anda betul-betul ingin menjaga PC kita, kita bisa menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply).
  • Gunakan kipas secukupnya, usahakan kipas prosesor Anda sudah sesuai dengan jenis prosesor yang dipakai. Dan gunakan kipas sirkulasi di bagian depan sebagai pemasok udara dingin dan bagian belakang sebagai pembuang udara panas. Dan segera ganti kipas Anda apabila sudah melebihi dari life timenya (kadaluwarsa).
  • Usahakan untuk selalu menutup casing komputer dengan baik, jangan sampai ada hewan yang masuk misalnya cicak atau kecoak, karena ini dapat berakibat fatal. Selain itu, casing yang terbuka akan membuat debu mudah masuk.

Perawatan dari segi Software:

  • Defrag secara berkala Harddisk, karena windows dalam menulis data di sebuah hardisk dilakukan secara acak. Dan untuk merapikan kembali susunan file-file tersebut, dengan jalan defragment. Dengan tersusunnya file-file tersebut maka kecepatan komputer untuk membaca data akan semakin tinggi. Dapat digunakan software defragmentasi dari Windows atau software lain misal Speedisk (Norton Utilities).
  • Uninstall software yang tidak terpakai karena semakin banyak software yang terinstall maka akan semakin memper-berat kinerja sebuah komputer.
  • Apabila Anda terhubung dengan jaringan dan sharing file, maka berhati-hatilah dalam men-share folder penting. Usahakan untuk tidak men-share sebuah drive data atau system karena ini sangat berbahaya.
  • Untuk keamanan data, buatlah backup data Anda di tempat lain (jika ada dan memungkinkan dapat menggunakan drive eksternal).
  • Hapus shortcut yang tidak terpakai, karena semakin banyak shortcut maka proses start dan shutdown Windows akan semakin lama.

Yang tidak kalah penting, jangan menyalakan komputer 24 jam penuh:D,

semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen..!!

About pinoblog

Just Ordinary Man

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: